Home » » Jenis-Jenis Radio

Jenis-Jenis Radio

Written By setia darmawan on Thursday, August 2, 2012 | 3:04:00 AM

Jenis-jenis Radio



Perkembangan dunia bisnis radio telah memunculkan beberapa jenis radio. Penggolongan jenis radio ini ada yang bersifat komersial maupun non-komersial. Dan macam-macamnya ada radio publik, radio komunitas, dan radio komersial. Nah, berikut ini adalah penjelasannya:
       1.    Radio Publik

Radio publik adalah, radio yang didirikan oleh Negara yang pengelolaannya bertumpu pada anggaran Negara. Struktur kelembagan radio mengakomodasi dewan pengawas yang berfungsi memegang otoritas penuh dalam penyussunan kebijakan dan arah program sebuah radio. Dewan pengawas diwajibkan menjamin bahwa walaupun Negara yang mendanai, bukan berarti radionya hanya berpihak pada kepentingan pemerintahan. Penyiarannya harus lebih focus bagi kemaslahatan publik. Radio publik yang dimiliki Indonesia adalah RRI (Radio Republik Indonesia)

       2.    Radio Komunitas

Radio komunitas adalah stasiun siaran radio yang dimiliki, dikelola, diperuntunkan, dan didirikan oleh sebuah komunitas. Radio komunitas juga sering disebut sebagai radio sosial, radio pendidikan, atau radio alternatif.

Ada beberapa criteria yang membedakan radio komunitas dengan radio lainya :
          a.    Radio komunitas melayani kepentingan pendengar yang secara geografis terbatas
          b.    Radio komunitas adalah badan hokum yang kepemilikan, pendanaan, dan pengelolaanya      dari komunitas itu sendiri dan tidak mencari keuntungan semata.

Dengan demikian, radio komunitas adalah sebuah wahana komunikasi milik masyarakat yang potensial untuk melayani kepentingan komunitasnya.

       3.    Radio Komersial

Radio komersial memiliki definisi yang hamper sama dengan radio komunitas maupun radio public, akan tetapi yang membedakan pada sisi komersialnya. Radio komersial adalah radio yang didirikan oleh pemilik modal yang merupakan radio berorientasinya selalu didasarkan pada faktor profit. Faktor ekonomi atau profit menjadi landasan utama keberlangsungan radio jenis ini. Jika radio public bersumber dari anggaran Negara, maka radio komersial bersumber pada berkekuatan modal. Radio ini yang menjawab keinginan pasar.
           

     Referensi : “Berkarir didunia Broadcast TV & Radio”
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ranting

Kunjungan dari

Pengunjung

Flag Counter

Google+ Followers

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog's Komunikasi Setia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger