Home » » Istilah-istilah Dalam Penyiaran Radio

Istilah-istilah Dalam Penyiaran Radio

Written By setia darmawan on Tuesday, November 6, 2012 | 3:14:00 AM

Istilah-istilah yang digunakan dalam Radio



Ø  Adlib : iklan berupa kata-kata penyiar
Ø  Advertising : biro iklan
Ø  Air Time : waktu yang bisa dijual
Ø  Afterword : kata kunci / kata-kata khas menutup acara
Ø  Announcer : penyiar yang berbicara kepada khalayak melalui elektronik
Ø  AOP – Album Quented rock : Format stasiun yang menampilkan music Rock
Ø  Aset RRI : semua asset yang dimiliki oleh RRI secara resmi
Ø  Audio Feed : suatu pesan yang diterima lewat radio transmisi atau kabel
Ø  Back Announce :menyebut sebuah lagu setelah diputar
Ø  Back Timing : mengukur waktu suatu lagu sesuai dengan waktu yang ditentukan
Ø  Backsound : musik latar
Ø  Bed : lagu yang digunakan latar belakang untuk komersial/iklan
Ø  Block Progamming : membagi waktu siaran menjadi segmen waktu tertentu
Ø  Broadcasting : pengim pesan kepada khalayak luas atau melalui media elektronik
Ø  Broadcast endorsement : kewenangan seseorang untuk mengoperasikan satu stasiun penyiaran
Ø  Bumper : iklan yang diputer setelah komen sebelum lagu (iklan pendek)
Ø  Blow Up : lagu unggulan yang diputer terus dalam waktu tertentu
Ø  Chain Break : stasiun identifikasi antar acara
Ø  Cue Program : penanda sebuah acara
Ø  Call Name : nama penyiar
Ø  Call Program : nama acara
Ø  Call Listener : sebutan untuk pendengar
Ø  Call Time : waktu sebuah acara
Ø  Chart : Tangga lagu
Ø  Closing Tune : musik / smash penutup acara
Ø  Combo : kombinasi penyiaran dan teknisi
Ø  Communicaster : pemandu acara talk show
Ø  Dead Air : suatu periode waktu saat tidak ada suara yang disiarkan
Ø  Direct Quote : mengulang kata yang sama persis dengan ucapan orang lain
Ø  Dummy : sampel acara
Ø  Double Headed : siaran duet
Ø  Format : unsure isi utama stasiun radio
Ø  Fringe area : daerah dimana satu stasiun diterima samar-samar
Ø  Greeting : elemen kata-kata awal seorang penyiar ketika memulai siaran
Ø  Insertion : acara pendek berupa pernik-pernik untuk memperkaya sebuah acara
Ø  Institutional Promotion : suatu produk atau jasa yang dipromosikan kepada khalayak 
Ø  Id's : Identitas Station 
Ø  Imaging Sound : suara / sound effect pendukung
Ø  Live Copy : naskah yang dibaca langsung diudara tidak direkam
Ø  Lottery : lomba yang berisikan unsure hadiah
Ø  MOR : singkatan middle of  the road, format stasiun yang mengudarakan music populer
Ø  Mozaik : kumpulan lagu-lagu
Ø  Open Ended : elemen kata kata akhir seorang penyiar ketika mengakhiri siaran
Ø  On Air : siaran di studio
Ø  Off Air : acara pendukung / kegiatan luar studio 
Ø  Opening Tune : smash / musik pembuka sebuah acara
Ø  Programer : kepala bagian siaran
Ø  Playlist : satu daftar lagu yang boleh diputar oleh penyiar
Ø  Prime Time : waktu pada saat stasiun memiliki pendengar yang paling banyak
Ø  Program Logs : catatan Harian semua acara siaran yang disiarkan oleh stasiun
Ø  Promo : pengumuman yang mempromosikan acara satasiun penyiaran
Ø  Protection : pemisahan pengumuman iklan komersial dengan iklan yang lain
Ø  PSA : Public Service Announcement / iklan layanan masyarakat
Ø  Prime Time : jam padat / banyak pendengar
Ø  Password : kata kunci / kata-kata khas di awal siaran
Ø  Raatting : presentase statistic para pendengar suatu stasiun penyiaran
Ø  Radio Expose : iklan produk acara sendiri
Ø  Remote : acara yang berasal jauh dari stasiun
Ø  Running Time : urut-urutan acara
Ø  RS : Rencana Siaran
Ø  Request : permintaan lagu
Ø  SEG way : perpindahan antar acara tanpa penyertaan siarannya
Ø  Simu Casting : penyiaran yang sama didua stasiun yaitu AM dan FM
Ø  Station Countinuity : pengumuman kegiatan stasiun
Ø  Scriptwriter : penulis naskah
Ø  Skenaradio : skena / susunan sebuah acara
Ø  SHR : Super High Rotation, sama seperti blow up
Ø  Stringer : Reporter Berita Part Time yang memperoleh bayaran pernaskah/kata
Ø  Sweep : memutar 2 atau lebih lagu sekaligus tanpa iklan
Ø  Spot : iklan dalam bentuk rekaman
Ø  Sfx : Sound Effect
Ø  Teasing : kata pengantar untuk sebuah acara paket atau insert acara
Ø  Talkshow : siaran kata
Ø  Tagline : kata khas yang digunakan sebagai penanda
Ø  Time Signal : iklan yang di puter pada jam-jam tertentu
Ø  Time Target : janji penyiar untuk bagian berikutnya
Ø  Trade Out : pertukaran waktu penyiaran iklan atau jasa
Ø  Voice Over : berbicara diatas music lainya
Wire Service  : organisasi yang mendistribusikan berita tertulis
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ranting

Kunjungan dari

Pengunjung

Flag Counter

Google+ Followers

Followers

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog's Komunikasi Setia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger